Home » » Cooking Story Part 6 : Pasta Chicken Carbonara

Cooking Story Part 6 : Pasta Chicken Carbonara

Posted by Unknown
Traveller, Updated at: 01.45

Posted by Unknown on Rabu, 04 Januari 2012

Uwow! Balik lagi ke pelampiasan kestressan gue: Memasak. Kali ini gue ga mau belibet lagi ngejelasin resep dalam bahasa inggris yang sometimes... gramatically incorrect. Haha. Padahal gue juga ga ngerti ngapain gue cenderung mencampur basa inggris dengan indo dengan lidah cinca laura, even basa inggris itu bukan bahasa emak gue. Bahkan gue yang dulu sering nulis bahasa baku, sekarang jadi suka ngomong sok gaul dengan kosakata lo-gue. Humm,... pasti aktivis sumpah pemuda dulu pada nggeliat di kuburnya dan pingin noyor gue.


Eniwei busway, kalo gue lahir di Suriname mungkin gue bakal lebih menguasai bahasa inggris. Emang di Suriname orang-orangnya pada pake bahasa inggris gitu Tiw? Kagak, ya siapa tau aja gue bisa les di TBI atau EF cabang Suriname. Baiklaaah... mari kita toyor Tiwi bersamaaa. *siap dikeplak*


Balik lagi ke resep yang pingin gue share kali ini. Karena gue janji sama uni dan temen-temen seruangan gue kerja yang lainnya buat bikinin pasta asli italiano, so here i go. Beberapa hari yang lalu gue bbm-an sama kakak ipar gue yang sekarang tinggal sama kakak gue di Italia. Catet lho ya, kakak ipar gue berarti istrinya kakak gue, bukan kakaknya pacar gue. Yaaah.. terus terang sih gue lagi-lagi diputusin. *nangis darah* *garuk aspal* *Woy! Jangan curhat woy!*.


Jadi pada bbm itu gue nanya resep pasta yang orisinil Italia banget. Intinya,kata kakak ipar gue, konsep chicken carbonara pasta itu bawang yang ditumis sama lada hitam, ayam atau smoked beef, minyaknya olive oil dong, trus pastanya yang masih abis direbus panas-panas dimasukin kesitu diaduk sambil ditambahkan kocokan telur, keju parmesan dan lada hitam. Sebenernya keju parmesannya boleh diganti pake keju cheddar, soalnya di Indonesia harga keju parmesan lumayan mahal, seperempat kilo aja bisa nyame 70rebu yang bubuk. Tapi emang rasanya beda, lebih enak dan gurihan pake keju parmesan. Trus kalo milih telur yang dari ayam petelur aja, kalo dari telur ayam kampung, apalagi yang beli di supermarket suka ga bagus telurnya, ada beberapa yang udah ada embrionya, hiiii... jijay... kecuali kalo ada jaminan kalo telur ayam kampung itu bener-bener fresh diambil dari yang baru dikeluarin induknya. Selain itu, telur ayam kampung lebih lama matengnya dibanding telur ayam petelur.


Itu sedikit tips gue untuk pertimbangan keju dan telur yang dipake. Btw, kenapa namanya carbonara? Konon itu berasal dari kata carbonaro yang artinya pembakar arang, dulu jenis pasta ini biasa dimasak untuk orang yang biasa bikin arang, gite deh. Back to resep ya, Kakak ipar gue ga ngasih taker-takerannya, katanya sesuai selera. Oke, berikut ini, taker-takeran dari gue. Udah gue praktekin, dan humm taste perfecto! Dan cara masaknya guampang banget!



Resep Chicken Carbonara Pasta: (Untuk 8 porsi)
1. Ayam fillet 500 gr. Kalo mau yang lebih sehat dan cepet matengnya pas ditumis, pilih ayam fillet yang ga ada kulit dan tulamgnya. Cincang.
2. 500 gr pasta fusili atau pasta jenis apapun sesuai selera, tapi takerannya segitu ya.
3. Bawang putih 5 siung, uleg bareng 3 sendok tek garem dan sedikit aja penyedap non MSG
4. Lima butir telur
5. Lada hitam bubuk 5 sendok teh
6. Keju parmesan bubuk 5 sendok makan
7. 5 sendok makan olive oil.
8. Boleh ditambah mrica dan seledri atau oregano sebagai garnish.



Cara bikinnya:
1. Kocok telur, lada hitam dan keju sampe rata.
2. Panasin olive oil, tumis ulekan bawang putih, ayam dan lada hitam sampe ayamya mateng.
3. Masak pasta sampe al dente / kenyal.
4. Masukin pasta yang udah mateng dan panas ke tumisan bawang putih, aduk-aduk diatas api kecil.
5. Kalo udah rata, masukin adonan telur, aduk-aduk sampe telurnya mateng dan rata di pasta.
6. Pastanya siaaap! Taruh di piring, trus taburi keju parmesan bubuk, mrica/ lada putih dan daun oregano atau bisa diganti sledri. Tadaaaa! Yuk makan!!

Share This Post :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Traveller. All Rights Reserved
Template Johny Wuss Responsive by Creating Website and CB Design