Home » » Sehari di Tidung

Posted by Unknown
Traveller, Updated at: 06.54

Posted by Unknown on Minggu, 15 Juli 2012

Berawal dari target dadakan gw; snorkelling sebelum puasa ramadhan maka setelah hampir ke Sabang ga jadi, gw putusin buat pergi ke Tidung. Ya, call me miss last minute. Harusnya sih ke Sabang,tapi saking dadakannya gw, temen gw disana lagi banyak kerjaan. Jadinya diundur ke long wiken bulan November gitu deeeh.

Akhirnya gw hubungi Nura, temen gw yang kerja di Jakarta yang juga hobi travelling itu. Kita putusin buat pergi ke Tidung berdua aja! BERDUA AJA PEMIRSAH! DAN NO PLANNING! HUAHAHA. Oke kita tau sih banyak banget info soal paket-paketan wisata ke Tidung di internet. Tapi, karna kita backpacker sejati, jadilah kita pingin eksplor sendiri. Gaya lo Tiw, bilang aja lu males googling!
Hari Jumat malem gw brangkat dari Bandung pake Travel Cititrans, tarifnya 75k aja, dari Ciwalk-Pasar Festival. Sebenernya banyak travel yang bakal nganter dari Bandung-Jakarta. Gw turun di Pasar Festival soalnya kosan Nura di Pejaten, jadinya dari Pasar Festival gw tinggal ngesot aja gitu pake Transjakarta.
Berdasarkan informasi dari ki sanak ki sanak backpacker lain, penyebrangan ke Pulau Tidung dari Pelabuhan Muara Angke ada di jam 07. 00 pagi. Setelah itu udah jarang. Akhirnya gw sama Nura putusin buat cabs dari kosan jam 5.30 naik taksi. Ya lumayan sih ongkosnya 70rb. Sebenernya naik Transjakarta bisa sih dari Pejaten-Kuningan Timur-Pluit. Kalo udah nyampe Pluit lo tinggal naik angkot Grogol-Muara Angke atau ojek. Tapi kemarin kita ga tau kalo di Pluit ternyata ada koridor buswaynya jadinya kita putusin naik taksi.

Taksi yang kita tumpangi berhenti di pasar ikan Muara Angke. Itu buset macet banget. Bayangin dong, pelabuhan ama pasar dijadiin satu. Mana baunya amis banget, ya menurut lohhhh, pasar ikan gituh. Kita berdua jalan ke kapal. Nama kapalnya Lumba-Lumba. Tarifnya 33rb dari Muara Angke-Tidung.
Perjalanan Angke Tidung makan waktu 3 jam. Setelah mendarat di Tidung kita berdua clingak-clingik, bayangin dong hahaha, no planning gitu. Akhirnya kita putusin makan dulu, makan disini ga mahal sih, berdua aja 24 ribu. Abis makan kita muter pulau dan ketemu warga sekitar namanya Pak Mahri, dia ini yang nyewain alat sorkelling ama perahu ke kita ( perahu 200K, alat snokelling 35 K). Kita dianter ke tengah laut, tempat dimana karang-karangnya bagus dan ikannya banyak. Ya mungkin emang ga sebagus wakatobi, tapiiii lautnya bersih jreeeeng. Oiya kalo nyawa guide buat snorkelling biayanya 100rb. Objek wisata ini emang dikelola warga sekitar, adanya homestay aja, ga ada resort. Ga ada ATM juga, jadi bawa cash kalo mau kesana. Puas muter-muter snorkelling kita balik jam 14. 30 pake kapal lumba-lumba lagi. Nyampe Angke kita naik busway Pluit-Kuningan Barat-Pejaten. Btw, di Tidung ini ga cuma bisa buat snorkelling, tapi juga diving, sepedaan keliling pulau (ada yang nyewain sepeda) ama banana boat. Minimal sih harusnya disini ngabisin 2 hari hehe. Oks buat yang pada mau ke Tidung sendirian atau berdua males join ke grup, moga ini bisa jadi referensi ye!